7 Jamu Tradisional Penuh Khasiat Favorit Masyarakat Indonesia

Jamu adalah salah satu minuman tradisional yang menjadi resep turun temurun dari leluhur Indonesia. Jamu tradisional ini merupakan salah satu bentuk keanekaragaman minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai campuran bahan alami, terutama tumbuh-tumbuhan, tanpa campuran kimiawi. Jamu tradisional terdiri dari tanaman herbal dan rempah pilihan yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh masyarakat Indonesia.

Banyak dari masyarakat Indonesia yang hingga kini menyandarkan pengobatan pada jamu-jamuan khas Indonesia dibandingkan obat-obatan yang tersedia di apotek. Hal ini merupakan salah satu kearifan lokal bangsa Indonesia dan upaya merawat warisan kebangsaan.

Jamu bukanlah sesuatu yang ilegal. Bahkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun memiliki definisi tersendiri untuk mendeskripsikan jamu atau obat tradisional, yakni bahan atau ramuan berupa tumbuhan, hewan, mineral, sediaan sarian, atau campuran dari berbagai bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Jamu sebagai minuman favorit masyarakat Indonesia juga dikuatkan melalui hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, yakni sekitar 60% penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun pernah minum jamu. Bahkan 95% di antara mereka merasakan manfaat atau khasiat dari jamu yang diminumnya. Jamu atau pengobatan tradisional juga dikonsumsi 30% rumah tangga di Indonesia. Hal ini menguatkan posisi jamu sebagai minuman tradisional penuh khasiat yang disukai masyarakat Indonesia.

Meski rasanya terkadang sedikit pahit, hal ini tidak menyurutkan animo masyarakat Indonesia dalam menyantap jamu karena khasiatnya yang dianggap telah teruji berdasarkan pengalaman leluhur.

Apa saja sih jamu tradisional yang menjadi favorit masyarakat Indonesia?

7 Jamu Tradisional Penuh Khasiat Favorit Masyarakat Indonesia

  1. Jamu kunyit asem

Campuran kunyit dan asam ini dipercaya memiliki kandungan penawar racun yang mampu menetralisir racun yang mengendap dalam tubuh dan membuangnya dalam bentuk urine dan keringat. Sejak dulu, jamu ini dipercaya mampu menyembuhkan pegal-pegal akibat kelelahan.

  1. Jamu beras kencur

Campuran beras dan kencur ini dipercaya mampu meredakan berbagai nyeri atau pegal-pegal, perut kembung, dan rasa mual. Jamu ini juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Jamu ini aman diminum anak kecil dalam rangka meningkatkan nafsu makan anak.

  1. Temulawak

Rempah ini adalah salah satu yang popular di Indonesia. Di dunia internasional, temulawak dikenal dengan nama Curcuma xanthorrhiza Roxb. Temulawak dikenal mampu mengobati berbagai gangguan pencernaan, mengatasi kram perut saat haid, mengatasi masuk angina, menambah nafsu makan, mengatasi radang sendi, hingga membantu pengobatan kanker.

  1. Jahe kencur jeruk

Jika Anda mengalami radang atau sakit tenggorokan, jamu ini bisa menjadi obat mujarab untuk Anda. Campuran panasnya jahe dan asamnya jeruk nipis dipercaya mampu mengurangi sakit tenggorokan dan memberikan efek hangat bagi tubuh.

  1. Jamu brotowali

Tanaman brotowali telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh leluhur Indonesia sejak zaman dahulu. Brotowali dikenal mampu mengobati diabetes, hipertensi, penyakit kulit, dan melawan alergi.

  1. Jamu uyup uyup

Jamu uyup uyup memiliki nama lain gepyokan berasal dari campuran akar-akaran seperti kencur, jahe, lengkuas, cabe puyang, temugiring, bangle, kunyit, dan daun katuk yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Jamu ini dipercaya mampu melancarkan produksi ASI dan menunjang pertumbuhan bayi.

  1. Jamu pahitan

Bahan utama dari jamu ini adalah daun sambiloto yang dikenal sangat pahit. Meski pahit, jamu ini memiliki manfaat mengatasi pegal, menambah nafsu makan, hingga mencegah risiko diabetes.

Baca Juga :  5 Harga Pemutih Gigi Terbaru 2019 yang Direkomendasikan untuk Anda

Kalau Anda membutuhkan jamu untuk mengobati batuk, Anda bisa membaca selengkapnya di sini.

Health