Gurih, Mudah, dan Murah, Yuk Buat Kaldu Bubuk Sendiri!

 

Masakan yang lezat sering kali disangka menggunakan MSG. Namun sebenarnya, tidak semua masakan lezat harus menggunakan MSG. MSG atau sering dikenal dengan micin ini sering dikonotasikan negatif. Padahal, MSG sendiri adalah zat tambahan pangan yang telah diakui keamanannya. Meski demikian, masih banyak yang enggan menggunakan MSG dan menggunakan kaldu bubuk non MSG sebagai pilihan untuk memberi penyedap di masakan. Banyaknya kaldu bubuk non MSG yang beredar di Indonesia, mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Jangan khawatir, ulasan di tautan ini https://review.bukalapak.com/food/merek-kaldu-bubuk-terbaik-untuk-penyedap-rasa-111696 cukup membantu untuk menentukan kaldu bubuk yang terbaik.

Alternatif lain jika Anda ingin memastikan bahwa kaldu bubuk yang Anda gunakan benar bebas dari MSG dan pengawet, Anda bisa membuat sendiri kaldu bubuknya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak artikel berikut!

Gurih, Mudah, dan Murah, Yuk Buat Kaldu Bubuk Sendiri!

Persiapan bahan

Pertama, tentukan dahulu Anda ingin membuat kaldu dengan jenis apa. Anda bisa memilih menggunakan daging ayam, daging sapi maupun udang. Khusus untuk udang, Anda bisa menggunakan cangkang dan kepala udang. Berikut bahan lengkapnya

Bahan

  • 250 gram daging ayam giling (bisa diganti daging sapi atau kulit udang)
  • 20 siung bawang putih
  • 1 butir bawang bombai, potong kotak kecil
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 buah wortel potong kecil kecil
  • 1 batang daun bawang, potong
  • Garam dan gula secukupnya

kaldu bubuk

Tahap pembuatan

Campurkan semua bahan di atas dengan menggunakan food processor atau blender. Apabila agak susah untuk dihaluskan, Anda bisa menambahkan 2 sdm minyak goreng. Proses semua hingga halus sempurna. Setelah halus, pindahkan ke wajan anti lengket kemudian dimasak tanpa ditambahkan apa pun. Setelah 20 menit, adonan tadi telah berbentuk pasta. Anda bisa berhenti pada tahap ini jika menginginkan kaldu dalam bentuk pasta.

Baca Juga :  Tak Harus ke Papua: Ini Dia Resep Papeda Enak Mirip Aslinya!

Nah, apabila Anda menginginkan kaldu menjadi bentuk bubuk, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengambil pasta kaldu dan meletakkan ke loyang. Usahakan agar pasta kaldu diratakan dan tidak terlalu tebal agar lebih cepat matang dan kering. Panggang hingga cukup kering, jaga agar jangan sampai gosong. Apabila sudah cukup kering, blender hingga menjadi bubuk. Selanjutnya oven kembali agar menjadi lebih kering dan ulangi langkah menghaluskan. Proses ini bisa memakan waktu hingga 3 kali pemanggangan untuk mendapatkan kaldu bubuk terbaik.

kaldu bubuk

Penyimpanan kaldu dalam bentuk pasta ini bisa disimpan dalam wadah steril yang ditakar sesuai kebutuhan sekali memasak. Penyimpanannya dengan dibekukan di freezer dan akan bisa tahan selama satu bulan. Untuk menggunakannya cukup dihangatkan atau dicampurkan langsung ke masakan. Namun pasta kaldu ini cenderung membuat masakan berwarna keruh. Sedangkan untuk kaldu bubuk, penyimpanannya akan lebih baik jika diletakkan di wadah berbahan kaca yang bersih dan kering. Simpan di tempat yang sejuk dan kering maka kaldu bubuk ini bisa bertahan hingga 3 bulan. Anda pun cukup menambahkan 2-3 sdt ke dalam masakan yang Anda buat maka dipastikan masakan Anda akan menjadi sangat lezat.

Selain berbentuk pasta dan bubuk, kaldu lebih sering dikenal dalam bentuk cair. Kaldu ini biasanya dibuat dengan merebus tulang ayam atau tulang sapi. Rasa kaldu yang direbus memang akan berbeda dengan yang pasta atau bubuk. Rasa kaldu yang direbus akan cenderung lebih ringan. Kaldu yang direbus ini pun juga bisa disimpan dengan cara dibekukan.

Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan dalam membuat kaldu bubuk sendiri? Selamat mencoba!

Default, Food