Siapa yang tidak kenal Oppo? Salah satu pabrikan smartphone asal Tiongkok ini sudah merajai pasar smartphone tanah air sejak lama. Setidaknya sejak Xiaomi mulai berkontestasi dengan Samsung di pasar tanah air, semenjak itu pula Oppo unjuk gigi dengan slogannya “camera phone”. Karena itu, semenjak itu, Oppo digemari karena bisa memuaskan hasrat berswafoto dari para generasi penikmat teknologi hari ini. Kali ini kita akan membahas salah satu ponsel keluaran Oppo tahun 2018, yakni Oppo F5.

 

oppo f5

 

Oppo F5, sejak hadir di pasaran Indonesia tahun 2018, menjadi idaman para penggemar ponsel pintar. Setidaknya, itu terjadi ketika ponsel ini masih beredar di pasaran. Daya tarik utamanya, apalagi kalau bukan kamera depan ponsel yang dapat memberikan kepuasan pada hasrat berswafoto para penggunanya. Selain itu, promosi gencar-gencaran terkait produk ini juga masif dilakukan.

Nah, tentunya ponsel ini tidak serta merta hanya mengandalkan kamera dan promosi masif saja. Jika barangnya memang tidak memiliki kualitas yang memadai, pelanggan bisa saja komplain dan dengan segera ponsel ini akan raib dari pasaran. Namun, kenyataannya tidak demikian. Nah, mari kita lihat sekilas spesifikasinya.

Ponsel ini memiliki layar IPS LCD capacitive touchscreen Dengan ukuran 6 inci. Resolusi layarnya pun 1080 x 2160 piksel dengan ratio 18:9. Dari segi layar, ponsel ini cukup baik. Mengingat modelnya yang belum full layar.

Dari segi performanya, ponsel ini didukung dengan chipset Mediatek Helio P23 (16nm) dengan prosesor octa-core 2.5 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali G71 MP2. Dengan spesifikasi ini, setidaknya sudah sangat cukup untuk bermain game yang berat, seperti PUBG. Terlebih lagi dengan RAM sebesar 6 GB dan memori internal 64 GB. Pastinya kamu akan lebih puas.

Baca Juga :  Oppo F5, Android Nyaman Untuk Main Game AOV dengan Kamera Ciamik

Yang selalu diandalkan Oppo dari speks ponselnya adalah kameranya. Ponsel ini memiliki kamera utama sebesar 16 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara, kamera depannya beresolusi 20 MP dengan bukaan f/2.0. Yang pasti, pada 2018, kamera sebesar ini sudah sangat menggiurkan untuk berfoto ria.

Nah, jika tadi sudah sekilas membahas spesifikasinya, sebelum kamu memastikan untuk membeli ponsel ini, kamu harus tahu beberapa hal yang kurang dari ponsel tersebut. Kekurangan ponsel ini, sebagai berikut.

  1. Case terbuat dari plastik

Jika kamu menyukai desain mewah, kamu perlu mempertimbangkan kembali ketika akan membeli ponsel ini. Sebab, Oppo F5 ini masih menggunakan bahan Polycarbonat untuk melapisi ponsel. Dengan kata lain, tampilan ponsel ini kurang terlihat mewah karena masih memakai plastik. Akan tetapi, jika kamu lebih suka memakai case tambahan, mungkin itu bukan masalah utama.

  1. Layar belum dilapisi proteksi

Jika ponsel kompetitor beramai-ramai mengusung teknologi layar berlapis pelindung, gorilla glass, di ponsel ini justru hal itu menjadi nihil. Sangat disayangkan. Kamu harus menambahkan proteksi agar layar kamu lebih aman tentunya.

  1. Tidak memiliki VOOC Flash Charge

Ponsel Oppo pada saat itu sangat mengagungkan salah satu fitur yang bernama VOOC Flash Charge. Fitur ini membuat proses pengisian daya lebih cepat. Dan, sayang sekali, teknologi itu ditiadakan dalam ponsel ini.

  1. Tidak ada NFC

Memang, NFC adalah salah satu fitur yang sangat menarik dan hanya diterapkan di beberapa ponsel seri menengah ke atas saja. Namun, jika ponsel Oppo ini punya layanan tersebut, pasti daya tariknya akan lebih besar.

  1. Mono Speaker

Terakhir, kekurangan dari ponsel ini adalah tiadanya fasilitas speaker yang mumpuni. Ketika kompetitor lain sudah mengeluarkan dual speaker, ponsel ini masih menggunakan mono speaker. Karena itu, kualitas suara yang dikeluarkan kurang begitu lantang.

Baca Juga :  Daftar Android Terbaru di Majalah Seputar Gadget Yang Harus Kamu Tahu!

oppo f5

Setelah mengetahui spesifikasi yang menggiurkan dan beberapa kekuragannya, kamu juga perlu mempertimbangkan harganya. Harga Oppo F5 di 2020 ini sudah turun cukup drastis. Dan karena barangnya sudah diproduksi, yang dijual biasanya adalah barang second ataupun bekas display atau gudang. Harga yang beredar berada di kisaran Rp1 jutaan saja. Bagaimana, masih tertarik?

Gadget