Harus Tahu; Ini 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Kita pasti tahu kalau madu dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat madu ini dikenal ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih fit. Manfaat madu yang utama adalah pengganti gula karena rasanya yang manis. Tentunya, dibandingkan dengan gula, madu akan lebih sehat. Madu ini sebenarnya ada banyak macamnya, mulai yang memang madu berasal dari lebah liar di hutan hingga yang memang diternakkan. Hal ini yang membuat penampilan madu satu dengan yang lainnya bisa berbeda. Namun pada umumnya, madu berbentuk cairan berwarna kuning kecokelatan dengan konsistensi kental. Pada beberapa jenis madu, ada yang dominan warna hitam atau putih bergantung dari jenis bunga atau pohon yang dihisap oleh lebah.

Madu ini bisa menyerap lemak dengan baik utamanya saat dicampur di air hangat kemudian dikonsumsi. Kandungan bergizi yang ada pada madu antara lain mineral dan vitamin yang didapatkannya dari sari bunga yang dihisap oleh lebah. Selain itu, madu memiliki sifat antiseptik alami yang bisa digunakan tanpa efek samping. Dipercaya, madu juga bisa menangkal radikal bebas di tubuh manusia. Sehingga daya tahan tubuh juga otomatis meningkat. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai manfaat madu .

manfaat madu

Harus Tahu; Ini 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Mencegah kanker

Seperti yang tadi sudah dibahas, madu memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Hal ini membuat imunitas tubuh menjadi lebih baik. Radikal bebas ini apabila banyak terdapat di tubuh, berpotensi menjadi kanker. Oleh karena itu, dengan konsumsi madu secara rutin, mampu menurunkan risiko terkena kanker. Kandungan antioksidan di madu ini juga baik untuk jantung.

Probiotik

Dengan mengonsumsi madu secara rutin, sejumlah penelitian membuktikan bahwa saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Hal ini karena perkembangan bakteri baik di usus meningkat sehingga metabolisme pun menjadi lebih lancar. Tentunya hal ini membuat perut kita tidak mudah terasa kembung dan akan lebih nyaman. Baik pula untuk yang sering mengalami masalah konstipasi atau kesulitan buang air besar.

Baca Juga :  3 Resep Cupcake Tanpa Oven yang Mudah dan Praktis

Obat sariawan

Penggunaan madu sebagai obat sariawan alami sudah jamak dilakukan oleh banyak orang. Kandungan antibakteri yang ada pada madu membuat luka sariawan menjadi lebih cepat sembuh. Selain itu, kekentalan madu juga menjadi lapisan pelindung bagi permukaan luka sariawan, sehingga ketika madu diaplikasikan di bagian yang sariawan tak akan terasa nyeri. Tidak hanya sebagai obat sariawan, madu juga bisa digunakan sebagai penangkal jamur alami yang biasanya muncul di lidah. Dengan rutin mengonsumsi madu, keseimbangan flora normal pada mulut pun juga terjaga. Bonusnya, bau nafas kita pun terasa lebih segar.

manfaat madu

Meredakan radang

Radang pada tubuh bisa disebabkan banyak hal. Manifestasi radang pun beragam, misalnya menjadi bisul berisi nanah. Madu diketahui memiliki kandungan anti bakteri dan antibiotik yang cukup efektif untuk meredakan radang. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mengoleskan madu ke daerah yang mengalami peradangan. Bahkan, manfaat madu untuk anak juga bisa digunakan untuk meredakan batuk. Batuk pun juga merupakan sebuah mekanisme peradangan oleh tubuh. Biasanya, dengan meminum madu yang telah dicampur ke air hangat bisa meredakan batuk tersebut.

Pengaturan glukosa darah

Manisnya madu berbeda dengan gula biasa. Madu memiliki kombinasi glukosa dan fruktosa dalam kadar yang baik sehingga membuat tubuh mampu menyeimbangkan kadar glukosa darah. Dengan mengonsumsi madu ini, tidak serta merta meningkatkan kadar glukosa darah dengan menanjak tajam.

Food