Tak Harus ke Papua: Ini Dia Resep Papeda Enak Mirip Aslinya!

Sebagai negara yang kaya akan budayanya, papeda jadi salah satu jenis produk budaya papua yang kemudian jadi makanan pokok disana. Jika kamu adalah orang yang suka mencoba-coba makanan, maka papeda mungkin jadi salah satu kuliner yang harus kamu coba dan kamu buat sendiri.

Ya, makanan khas papua yang berbahan dasar sagu ini sebenarnya mudah untuk dibuat sendiri. Biasanya, papeda juga dimakan dengan sayuran berkuah atau jika mau yang khas, maka kuah pelengkap yang harus dipakai adalah papeda kuah kuning.

papeda

Tak perlu berlama-lama, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat papeda kuah kuning khas papua!

  • Menyiapkan bahan

Langkah pertama untuk membuat papeda pastinya adalah menyiapkan bahan papeda itu sendiri. Disini, kamu harus menyiapkan 1/4 tepung sagu, 4 gelas air, garam dan kaldu ayam.

Tepung sagu disini bisa diganti dengan bulatan sagu asli sejumlah 3 buah ya. Jika terlalu banyak, kamu juga bisa mengurangi jumlah takaran bahan untuk membuat papeda itu sendiri.

  • Menyiapkan kuah kuning

Langkah berikutnya untuk membuat resep papeda adalah menyiapkan bumbu kuah kuning. Bumbu kuah kuning tersebut diantaranya adalah setengah kilo ikan tongkol, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 potong jahe ukuran kecil, 1 potong kencur ukuran kecil, 3 buah kemiri, merica, ketumbar, 2 potong cabai, 2 buah tomat, 5 buah belimbing wuluh, 2 buah sereh, kemangi, daun jeruk, daun salam, 1 buah kunyit, 1 buah lengkuas dan yang terakhir adalah 200 ml air.

  • Membuat bahan utama

Untuk membuat papeda, kamu terlebih dulu harus menumbuk atau menghancurkan sagu hingga menjadi halus. Jika sudah menggunakan tepung sagu, kamu tinggal menempatkannya di suatu wadah lalu merendamnya dengan air.

Setelah itu tunggu 20 hingga 30 menit hingga sagu tersebut mengendap sempurna. Setelah mengendap, buang air bagian atasnya yang merupakan air bekas endapan sagu ya. Setelah itu, didihkan air putih selama beberapa waktu, lalu masukkan ke endapan sagu secara perlahan.

Baca Juga :  3 Resep Cupcake Tanpa Oven yang Mudah dan Praktis

papeda 1

Masukkan sedikit garam dan sedikit kaldu ayam ke dalam adonan papeda yang telah dituang air panas, lalu aduk-aduk hingga sagu matang dan berubah menjadi gumpalan. Jika suda menggumpal semua dan berwarna putih dan merah muda, papeda tersebut sudah matang dan siap dihidangkan.

  • Membuat kuah kuning

Bumbu kuning memang terkenal dengan kuahnya yang tidak kental dan rasanya yang gurih dan segar. Untuk membuat kuah kuning, kamu harus menghaluskan bumbu-bumbu seperti halnya bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar.

Untuk jenis akar-akaran seperti kencur, jahe, kunyit dan lengkuas cukup, kamu cukup menggepreknya saja agar tidak terlalu hancur hingga akan membuat rasa pahit di kuah kuning nantinya.

Langkah selanjutnya adalah kamu harus menumis bumbu yang telah dihaluskan. Setelah wangi, masukkan kencur, jahe, kunyit dan lengkuas. Setelah itu, masukkan pula daun jeruk, daun salam dan sereh. Buat daun jeruk makin wangi dengan cara merobeknya terlebih dahulu lalu tumis bumbu hingga wangi.

Setelah bumbu matang, tambahkan 200 ml air dan ikan tongkol yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Sebelum dimasukkan, potong dahulu ikan tongkol jadi beberapa bagian kecil ya. Terakhir, tambahkan tomat dan irisan cabai di atasnya, dan papeda kuah kuning pun siap untuk dihidangkan! Selamat mencoba!

Food