PayPal Indonesia: Kenali Untung-Ruginya Sebelum Menggunakan

Buat kamu yang sering bertransaksi membeli barang, khususnya dari luar negeri, pastinya sudah familiar sekali lagi dengan yang namanya PayPal. PayPal merupakan sistem pembayaran transaksi daring yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Namun demikian, Paypal Indonesia sepertinya masih merupakan sesuatu yang asing. Tapi untuk kamu yang hobi belanja via platform marketplace internasional seperti eBay, Amazon, dan lainnya, sudah seharusnya tahu tentang PayPal Indonesia ini.

Simpelnya, Paypal ini bisa dibilang sebagai perantara pembayaran di marketplace-marketplace tersebut. Mirip dengan akun rekening bank dong? Ya, kurang-lebihnya demikian, tapi Paypal lebih pas disebut mediator atau pihak ketiga yang fungsinya memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli.

Lebih jauh lagi, PayPal tidak hanya soal belanja. PayPal juga sangat bermanfaat buat kamu yang bekerja di luar negeri, pengguna internet yang terbilang aktif, hingga businessman atau pengusaha.

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, serta adanya perubahan behavior yang berkaitan dengan sikap konsumtif di masyarakat khususnya pengguna internet, PayPal sepertinya menjadi lebih menarik untuk dilirik, dan PayPal Indonesia pun seharusnya sudah mulai familiar dengan para online shopper ini.

Nah sebelum bicara tentang untung-ruginya menggunakan PayPal, kita lihat dulu yuk jenis layanan apa saja yang PayPal punya:

1.     Bisa transfer uang dari bank ke akun PayPal.

2.     Bisa transfer uang dari akun PayPal kamu ke akun PayPal orang lain di berbagai negara di seluruh dunia.

3.     Bisa transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi kamu

4.     Bisa melakukan pembelian apa pun, secara online atau offline sekalipun di berbagai negara.

5.     Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk membuat akun PayPal dan mengetahui cara menggunakan PayPal?

Bermanfaat dan memberi banyak kemudahan, bukan? Nah setelah tahu jenis layanan apa saja yang PayPal sediakan, sekarang kita bahas apa sih keuntungan dan kerugian menggunakan Paypal.

PayPal Indonesia: Kenali Untung-Ruginya Sebelum Menggunakan

 

Baca Juga :  Kartu ATM Tertelan? Jangan Panik, Hubungi BCA Call Center Berikut!

Keuntungan

1.     Keamanan

Hal berikut bisa dibilang hal yang krusial yang sering dipertanyakan dalam melakukan transaksi online, yaitu keamanan. Jelas, karena transaksi finansial selalu bersifat sangat sensitif dan riskan. Tapi jangan khawatir, bertransaksi menggunakan PayPal terbilang aman, Karena segala data dan informasi pribadi pengguna PayPal akan terjamin keamanan dan kerahasiaannya.

 

2.     Biaya administrasi yang murah.

Tak perlu khawatir harus merogoh kocek yang terlalu dalam untuk membayar administrasi di PayPal. Apalagi untuk pengiriman uang sesama akun PayPal; gratis!

 

3.     Cepat

Jika kamu mentransfer uang ke sesama akun PayPal atau ke rekening bank antar negara, percaya atau tidak, kamu hanya membutuhkan waktu 24 jam. Cepat kan? Cukup unggul jika dibandingkan dengan Western Union misal, karena memerlukan waktu yang relatif lama lama.

 

4.     Luas

Jangan takut langkahmu terbatas bersama PayPal, karena PayPal bisa kamu pakai untuk belanja di banyak toko online di seluruh dunia, tentunya dengan proses yang mudah.

 

5.     Banyak Promo

Coba kamu daftar dan mulai pakai PayPal, kamu akan setuju kalau dengan menggunakan PayPal ini kita banyak mendapatkan promo yang menarik.

 

6.     Aksesibel

PayPal ini tentunya cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi, karena PayPal sangat mudah diakses, baik melalui smartphone, laptop, tablet. Via PC? Tentu saja bisa.

 

Kerugian

1.     Tidak “Non-PayPal-Friendly

Penggunaan PayPal hanya menguntungkan jika pengirim dan penerima sama-sama memilili rekening PayPal, karena untuk transfer dari PayPal ke non-PayPal, setiap transaksi dibebankan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi, plus US$ 0,3.

 

2.     Sulit komplain

Ya, jika terjadi sesuatu masalah, kamu akan mengalami kesulitan untuk mengajukan keluhan. Hal ini disebabkan karena belum adanya layanan pengaduan untuk PayPal Indonesia.

 

3.     Belum tersedianya beberapa mata uang

Sebut saja Rupee India. Sayang sekali PayPal belum mendukung transaksi dalam Rupee India, padahal kita semua tahu jika India termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat.

 

4.     Rentan penyalahgunaan

Karena kamu kemungkinan akan melakukan transaksi ke banyak negara, hal ini menjadikan PayPal rentan terhadap berbagai bentuk penipuan.

 

Nah, Itulah keuntungan dan kerugian dari menggunakan PayPal. Kamu mulai tertarik? Jika ya, cek yuk bagaimana cara membuat akun PayPal di sini.

Finance