Tidak Ribet, Begini Cara Perpanjang Paspor

 

Paspor adalah dokumen yang wajib dimiliki setiap orang yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor ini berfungsi sebagai penanda identitas resmi yang dikeluarkan oleh negara untuk warga negaranya. Paspor ini memiliki masa berlaku yakni hanya lima tahun saja. Oleh karena itu, baiknya enam bulan sebelum masa berlaku paspor habis, Anda perlu perpanjang paspor. Tidak perlu khawatir, perpanjang paspor ini tidak sulit dan tidak ribet. Kini, Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengeluarkan layanan antrean paspor online yang membuat semuanya menjadi mudah dan simpel. Simak caranya berikut ini.

perpanjang paspor

Tidak Ribet, Begini Cara Perpanjang Paspor

  1. Lewat Website

Cara pertama yang bisa Anda pilih adalah mendapat antrean via website. Caranya, kunjungi laman antrian.imigrasi.go.id. Jika sebelumnya Anda telah memiliki akun, silakan masuk dengan email dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya. Apabila Anda belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar menggunakan akun facebook atau google Anda. Setelah itu, isikan semua data yang diminta dengan benar, dan klik simpan. Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk memilih kantor imigrasi yang terdekat dengan lokasi Anda. Kemudian akan muncul pilihan tanggal, jam dan kuota yang tersedia.

  1. Lewat Aplikasi

Selain lewat website, Anda juga bisa mendapatkan antrean perpanjang paspor melalui aplikasi Layanan Paspor Online yang bisa diunduh secara gratis di google application store atau apple i-store. Setelah itu, langkahnya sama persis seperti yang di website. Nah, sebuah tips bagi Anda yang selalu kehabisan kuota di kantor imigrasi tujuan, kuota antrean biasanya ditambahkan atau dibuka pada hari Kamis hingga Minggu. Jadi, secara berkala selalu cek kuota yang mungkin akan tersedia. Setelah Anda berhasil mendapatkan antrean maka akan dikirimkan dokumen ke email Anda yang berisi verifikasi antrean dan barcode.

Baca Juga :  4 Rekomendasi Harga Kulkas Sharp 1 sampai 2 jutaan

perpanjang paspor

  1. Walk In

Cara perpanjang paspor terakhir untuk mendapatkan antrean adalah dengan walk in alias datang langsung ke tempat perpanjangan paspor yang Anda tuju. Biasanya memang masih ada kuota walk in walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, mungkin hanya maksimal 50 orang saja. Namun, biasanya antrean ini bisa habis bahkan sebelum kantor imigrasi di buka karena para pemohon memilih menunggu di luar kantor imigrasi sejak dini hari. Hal ini karena banyaknya orang yang memanfaatkan layanan ini.

Setelah Anda mendapat antrean untuk perpanjang paspor, maka selanjutnya Anda tinggal datang ke kantor imigrasi pada hari dan jam yang telah Anda pilih. Pastikan Anda membawa dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjang paspor, biasanya hanya diperlukan membawa paspor yang lama dan e-KTP, namun tidak ada salahnya jika Anda membawa dokumen pendukung lainnya seperti misal kartu keluarga ataupun bukti rencana perjalanan Anda.

Setelah Anda masuk dan diambil datanya seperti verifikasi data, foto dan pengambilan sidik jari, Anda akan diberi slip pembayaran paspor yang bisa dilakukan melalui bank dan Pos Indonesia. Seluruh pembayaran wajib melalui bank dan ditujukan kepada akun rekening resmi Direktorat Jenderal Pajak. Biayanya bervariasi sesuai dengan jenis paspor yang Anda pilih.

Perlu diketahui, saat ini tersedia dua jenis paspor yakni paspor biasa dan paspor elektronik (atau e-paspor). Adapun terdapat perbedaan dalam jumlah halaman pula, ada yang 24 halaman ada yang 48 halaman. Yang biasa dipakai yang 48 halaman. Nah, biayanya untuk paspor biasa 48 halaman adalah Rp300.000 dan untuk biaya e-paspor 48 halaman Rp600.000.

General