Trek Bike dan Rekomendasi Bersepeda Gunung untuk Pemula!

Sepeda gunung trek bike menjadi salah satu rekomendasi sepeda gunung terbaik loh. Ada nih rekomendasi untuk kamu seorang pemula yang ingin mencoba kegiatan biking digunung tapi masih maju mundur.

Bumi indah Indonesia memang terkenal dengan nuansa alamnya yang indah. Termasuk dengan banyaknya jumlah gunung di nusantara. Dengan berbagai macam ketinggian tentunya.

Banyak orang yang justru melepaskan stress dan kepenatan dengan berkunjung ke alam bebas seperti gunung. Banyak sekali kegiatan outdoor pilihan, seperti mendaki gunung, paralayang, camping, hingga biking.

trek bike

Jika kamu tertarik dengan bersepeda di gunung tapi masih belum pernah mencobanya. Begini tips bersepeda gunung bagi pemula untuk hilangkan rasa takutmu!

Trek Bike dan Rekomendasi Bersepeda Gunung untuk Pemula!

  1. Memilih sepeda gunung yang baik

Memilih sepeda yang baik menjadi salah satu hal yang paling dan harus diperhatikan. Pilihlah sepeda yang sesuai dengan tipe dan ukuran tubuh kamu.

Terlebih jika kamu berniat untuk melakukan perjalanan di gunung. Kenyamanan dan keselamatan bersepeda gunung juga menjadi hal penting yang mana bisa berpengaruh pada proses “gowes” nantinya.

Sebelum membelinya, periksa kembali dengan seksama, apakah panjang kaki dan tinggi badanmu sudah sesuai dengan ukuran sepeda yang ingin kamu beli.

Salah satu rekomendasi sepeda gunung terbaik adalah merek trek (trek bike).

  1. Lengkapi dengan helm

Intinya dalam berkendaraan dengan apapun, utamakan keselamatan. Seperti halnya dalam mengendarai motor yang mewajibkan menggunakan helm. Maka tak afdhol rasanya jika bersepeda tidak menggunakan helm.

Apalagi dengan trek di gunung, kondisi jalannya yang mungkin penuh dengan bebatuan maupun jalan yang berkelok cukup berbahaya dan sangat rentan kecelakaan. Jadi gunakanlah helm bersepeda.

Alasan utamanya memang sebagai pelindung kepala jika saja terjadi benturan, alasan lainnya jika kamu bersepeda dan melengkapinya dengan penggunaan helm, tentu akan nampak lebih keren. Lol

Baca Juga :  4 Sepeda Gunung Murah dengan Kualitas Keren

Tips memilihnya, pastikan ukurannya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, hindari helm yang menarik bagian telinga terlalu keras dan menutupi seluruh pandangan.

  1. Sertakan APD (Alat Pelindung Diri) untuk bersepeda di gunung.

Seperti dengan adanya sarung tangan, pelindung lengan, pelindung betis juga wajib kamu persiapkan sebelum melakukan trek jauh.

  1. Air minum

Persiapkan juga bekal air minum, biar tidak kerepotan saat kamu haus dalam perjalanan. Bagi pemula memang biasanya akan lebih cepat terasa lelah saat melakukan kegiatan bersepeda di gunung.

Oh ya, sebenarnya lebih untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Jadi selalu siap sedia!

  1. Percaya diri, itu harus!

Kayuhlah sepeda gunung-mu dengan baik walaupun masih terasa asing dengan jalur yang dilalui. Mungkin saja akan muncul rasa tidak percaya diri dan itu akan memengaruhi performamu.

Ubahlah rasa ketidakpercaya dirian itu menjadi sebuah keyakinan bahwa kamu bisa melewatinya, namun bukan berarti harus memaksakan ya.

  1. Hindari keraguan

Jika memang kamu dan teman temanmu baru pertama kali melakukan trek bike di sebuah daerah, hindari jalur yang memang kamu atau temanmu ragu untuk melewatinya. Ini menghindari jalur yang mungkin berbahaya yang tidak diketahui.

trek bike

  1. Menjaga konsentrasi

Selagi melakukan kegiatan apapun, tentu menjadi sebuah keharusan dengan menjaga konsentrasi. Kondisi jalan, cuaca yang bisa saja berubah, serta kesulitan yang dialami dapat memecah konsentrasimu.

Fokuslah ke jalanan depan, dan bila bersepeda bersama jaga jarak aagar tidak saling menabrak. Waspada boleh, tetapi jangan panik ya!

 

Secara umum, itu saja sih tips bersepeda gunung untuk pemula. Disamping itu, kamu bisa mencari info tentang sepeda gunung terbaik trek bike Indonesia ataupun dengan merek yang lainnya.

Baca Juga :  Inilah Ukuran Lapangan Basket Standar FIBA dan NBA

Selamat bersepeda. Salam olahraga!

Hobbies, Sports