5 Teknik Dasar Bola Voli Untuk Jadi Pemain Voli Unggulan!

Permainan voli dan teknik dasar bola voli adalah sebuah permainan yang diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Pada awalnya, olahraga ini dinamai dengan minitonette yang dalam perkembangannya kemudian disebut bola voli.

Olahraga yang memiliki ukuran lapangan sebesar 18×9 meter dengan net untuk putra 2,43 meter dan net untuk putri 2,24 meter ini makin digemari. Hal tersebut karena selain dapat dimainkan oleh semua orang, permainan bola voli juga dapat dimainkan di dalam maupun luar ruangan.

Permainan bola voli merupakan sebuah olahraga yang susah-susah gampang. Susah karena di awal-awal kamu harus menahan rasa sakit sat melakukan passing, smash bahkan blocking. Akan tetapi saat telah terbiasa, hal tersebut akan terasa mudah tentu saja. Di dalam permainan boli ada beragam teknik dasar bola voli yang butuh waktu untuk mempelajarinya.

5 Teknik Dasar Bola Voli

Ada 5 teknik dasar bola voli yang harus kamu ketahui. Kelima Teknik tersebut adalah teknik servis, teknik passing bawah, teknik passing atas, teknik smash dan teknik block. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

  1. Teknik dasar servis

service perbainan bola voli

Teknik dasar pertama yang harus dipelajari adalah teknik dasar servis. Adapun hal yang perlu jadi perhatian adalah pandangan, sikap badan, ara lambungan bola serta momentum yang tepat untuk memukul bola voli.

Dalam praktiknya, ada dua jenis cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan servis. Cara tersebut adalah servis atas dan servis bawah. Perbedaan kedua jenis cara servis tersebut terletak pada penggunaan bagian tangan yang kamu gunakan untuk memukul bola.

Jika kamu ingin melakukan servis atas, maka kamu akan menggunakan kepalan tangan untuk memukul bola. Dan jika kamu ingin melakukan servis bawah, maka kamu akan menggunakan bagian dalam pergelangan tangan untuk memukul bola dengan terlebih dahulu dilemparkan ke atas.

  1. Teknik passing bawah

Untuk teknik passing bawah, kamu diharuskan berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dan lutut ditekuk. Setelah itu, rapatkan kedua tangan dan luruskan hingga kedua jempol tanganmu sejajar. Saat bola datang, ayunkan kedua tangan secara bersamaan dengan mengarahkan bola ke arah lapangan lawan.

Baca Juga :  Trek Bike dan Rekomendasi Bersepeda Gunung untuk Pemula!

passing bawah bola voli

  1. Teknik passing atas

Untuk teknik passing atas, posisi kaki adalah selebar bahu. Setelah itu, bungkukan badan kearah depan dengan melebarkan telapak tanganmu. Kedua jempol dan telunjuk dibentuk setengah lingkaran atau segitiga lalu saat bola voli datang, dorong bola tersebut dengan pergelangan tangan agar melambung ke atas.

  1. Teknik smash

Teknik berikutnya adalah teknik smash. Disini, teknik smash berfungsi sebagai serangan dengan cara memukuk bola dengan keras ke area lawan yang kosong. Biasanya, teknik ini dikuasai oleh seorang penyerang pada permainan bola voli, dan dilakukan saat momen ketiga setelah passing dilakukan.

Untuk melakukan teknik ini, tubuhmu harus dicondongkan ke arah depan. Saat bola datang, hentakkan kaki serta ayunkan lengan dan telapak tangan ke arah bola datang dengan cepat dan setinggi mungkin.

  1. Teknik blocking

Teknik blocking adalah teknik terakhir yang bisa kamu pelajai. Disini, pemain yang berada di dekat net harus melakukan posisi jongkok. Posisi ini ditujukan agar pemain siap melompat saat bola tinggi lawan datang. Saat melompat, pasang tangan lebar-lebar dan setinggi mungkin ke arah bola hingga bola tidak berhasil masuk ke areamu.

 

Sports