Ketahui Biaya Perpanjang Sim dan Prosedurnya

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penting yang wajib dipunya oleh pengendara kendaraan bermotor. SIM berlaku selama lima tahun dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa SIM masih memiliki masa berlaku.

Apabila masa berlaku SIM habis maka segeralah untuk memproses perpanjangan SIM serta cari tau besaran biaya perpanjang SIM, jangan sampai Anda kena razia oleh petugas karena masa berlaku SIM sudah terlewati. Memperpanjang masa berlaku SIM menjadi sebuah pekerjaan yang menyita cukup banyak waktu, di mana seseorang harus mendatangi tempat awal (kota) di mana ia membuat SIM nya untuk pertama kalinya.

Tidak sedikit orang yang enggan mengurus perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) dengan alasan mahal. Padahal, biaya perpanjang SIM tidak semahal yang kamu bayangkan lho.

Justru lebih mahal kalau ada razia dan polisi mendapati masa berlaku SIM kamu sudah habis. Tilang pun gak bisa kamu hindari.

Kalau sudah seperti itu, bukan hanya duit yang melayang, kamu juga harus repot bolak-balik pengadilan untuk menjalani sidang tilang.

Seperti yang dikutip dari website resmi Polri, SIM adalah bukti yang diberikan Polri untuk seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, terampil mengendarai kendaraan bermotor, serta memahami peraturan lalu lintas.

Karena itu, SIM sangatlah penting untuk berkendara. Nah, agar terhindar dari sidang tilang dan tenang berkendara, yuk segera perpanjang SIM-mu! Nah, untuk rincian biaya perpanjangan SIM kamu dapat melihatnya pada uraian dibawah ini!

Berikut biaya perpanjangan SIM 2018:

  1. SIM A sebesar Rp 80 ribu
  2. SIM B I sebesar Rp 80 ribu
  3. SIM B II sebesar Rp 80 ribu
  4. SIM C I sebesar Rp 75 ribu
  5. SIM C II sebesar Rp 75 ribu
  6. SIM D sebesar Rp 30 ribu
  7. SIM D I sebesar Rp 30 ribu
  8. SIM internasional sebesar Rp 225 ribu
Baca Juga :  Corsa Platinum V Series, Helm Terbaik yang Keren dan Aman

Biaya perpanjangan SIM tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 dan masih sama seperti tahun sebelumnya karena belum ada peraturan baru.

Selain biaya perpanjangan SIM di atas, juga ada biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp 30 ribu, tapi tidak wajib.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk perpanjang SIM sebelum masa berlakunya berakhir. Pasalnya, kalau terlambat, kamu justru harus membuat SIM baru lagi.

Jika sudah begitu, kamu harus mengeluarkan biaya perpanjangan SIM ekstra untuk membuat SIM baru. Berikut biayanya :

  1. SIM A sebesar Rp 120 ribu
  2. SIM B I sebesar Rp 120 ribu
  3. SIM B II sebesar Rp 120 ribu
  4. SIM C sebesar Rp 100 ribu
  5. SIM C I sebesar Rp 100 ribu
  6. SIM C II sebesar Rp 100 ribu
  7. SIM D sebesar Rp 50 ribu
  8. SIM D I sebesar Rp 50 ribu
  9. SIM internasional sebesar Rp 250 ribu

Nah, itulah informasi rincian biaya perpanjang SIM yang dapat kami bagikan. Mengingat bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kelengkapan yang wajib dimiliki dan dibawa setiap pengendara kendaraan bermotor. Serta SIM ini hanya  berlaku hingga lima tahun dan harus diperpanjang sebelum waktunya habis. Sebab sekarang ini cukup mudah untuk memperpanjang SIM. Selain itu ternyata biaya perpanjangan SIM juga tidak terlalu mahal. Kamu juga tidak perlu jauh-jauh dan mengantri lebih lama, sebab kini sudah banyak tersedia mobil yang dapat melayani perpanjangan SIM. Semoga informasi biaya perpanjang SIM ini dapat bermanfaat bagi anda.

Auto