MENGETAHUI KONDISI DAN CIRI-CIRI AKI MOBIL RUSAK

Kira-kira apa yang terjadi jika aki mobil Anda bermasalah? Lalu bagaimana cara mengetahui ciri-ciri aki mobil rusak? Sebagai pemasok listrik utama untuk seluruh perangkat mobil, aki bekerja saat pertama kali mobil dinyalakan (starter). Sebab saat pertama kali dinyalakan, mobil membutuhkan sumber tenaga yang berasal dari aki untuk menyalakan AC, perangkat audio, ataupun lampu. Maka dari itu Anda perlu menjaga kondisi aki mobil dengan sering mengecek batas air aki agar tidak berada di bawah batas minimal. Masalah pada aki biasanya muncul karena aki tidak terawat atau karena umur aki yang sudah terlalu tua. Lalu dampaknya jika aki mobil bermasalah adalah mobil Anda tidak akan menyala, sebab daya yang dibutuhkan untuk starter mobil tidak terpenuhi. Untuk menghindari mobil Anda mogok akibat masalah pada aki, Anda perlu mengetahui 5 ciri-ciri aki mobil rusak berikut ini.

  1. Mesin tidak bisa dinyalakan

Ciri-ciri aki mobil rusak yang pertama adalah mesin mobil yang tidak kuat distarter merupakan indikator utama ciri-ciri aki mobil rusak. Jika mobil sudah lama tidak dinyalakan, misalnya selama semalam, dan saat ingin menghidupkan ternyata tidak masa, maka bisa disimpulkan bahwa aki mobil Anda rusak (dengan catatan air aki berada di batas max dan low, tidak kurang atau lebih). Bisa saja hal ini terjadi karena umur aki yang sudah terlalu lama, sebab jangka pakai aki biasanya selama 2 tahun.

  1. Aki bau menyengat saat mesin dinyalakan

Bau menyengat tersebut berasal dari sel-sel komponen aki yang rusak, sehingga ketika mesin dinyalakan atau distarter air aki akan mengeluarkan bau menyengat serta air aki menjadi mendidih. Sel aki yang remuk dan mengembang juga dapat terlihat secara kasat mata menandakan ciri-ciri aki mobil tersebut sudah harus diganti.

  1. Air aki keruh

ciri-ciri aki mobil rusak

Ciri-ciri aki mobil rusak selanjutnya adalah, seperti halnya oli, aki yang sudah lama dipakai akan berubah menjadi keruh dan kecoklatan, hal ini disebabkan karena kotoran-kotoran yang menumpuk sekian lama yang akan terlihat jika dibuka penutup air aki.

Baca Juga :  Corsa Platinum V Series, Helm Terbaik yang Keren dan Aman

4.     Cranking

Saat Anda ingin mengetes tegangan volt pada air aki dengan cranking atau menggunakan load tester, perhatikan angka voltase aki. Jika voltase aki berada di bawah 10 volt termasuk ciri-ciri aki mobil rusak dan harus segera diganti karena daya 10 volt tidak akan kuat untuk menyalakan mobil.

5.     Aki short/konslet

Hal ini dapat dilihat dengan mudah jika tegangan volt aki kurang dari 11 volt saat aki tidak dibebani menandakan aki konslet. Cara mudah untuk melihat ciri-ciri aki mobil rusak atau bermasalah adalah dengan mendengarkan suara klaskon yang kurang keras dan lampu mobil yang tidak begitu terang. Namun kedua hal ini tidak dapat dijadikan pacuan utama untuk mengetahui apakah aki mobil Anda bermasalah. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa 5 bagian mesin mobil yang wajib dicek setiap 3 bulan.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui ciri-ciri aki mobil rusak. Mungkin dengan kondisi yang seperti ini akan sangat merepotkan anda, apalagi kalau sehari-hari anda sibuk dengan menggunakan mobil ketika anda terburu-buru namun mobil anda tidak mau hidup, maka dari itu sewaktu anda bersantai anda juga bisa memperhatikan ciri-ciri aki mobil rusak dan mengecek kadar air aki dan rajin memanaskan mobil anda untuk mencharger aki paling tidak 20 menit sehari. Semoga artikel mengenai ciri-ciri aki mobil rusak ini dapat menambah informasi serta bermanfaat bagi anda.

Auto