Cek Pemilik Plat Nomor dan Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Layanan pajak kendaraan online tentu menjadi solusi bagi semua pemilik kendaraan untuk menunaikan kewajibannya membayar pajak. Pada dasarnya ada beberapa aset yang bebas dimiliki oleh siapa saja yang kemudian ada kewajiban pajak yang mengikutinya. Kepemilikan kendaraan pribadi menjadi satu diantaranya, dan jenis pajaknya ada dua yakni pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Berhubung pajak ini sifatnya wajib maka penting untuk membayarnya tepat waktu.

Manfaat yang dirasakan manakala membayar pajak secara rutin cukup banyak, dan dijamin tidak sulit menunaikannya. Sebab sudah ada layanan pajak online bahkan tersedia fitur cek pemilik plat nomor kendaraan online. Sehingga memperkecil kemungkinan setiap pemilik kendaraan untuk mangkir ataupun terlupa tanpa sengaja dari kewajiban pajak tersebut. Situs untuk mengakses semua fitur pajak kendaraan berbasis online ini adalah resmi dari Dirjen Pajak.

Layanan online yang lebih fleksibel membantu memberi kemudahan bagi setiap pemilik kendaraan untuk membayar pajak tepat waktu. Nantinya bisa mengantongi sejumlah keuntungan berikut ini:

  1. Kendaraan aman dibawa kemana-mana,

Kendaraan yang tidak dibayarkan kewajiban pajaknya sudah tentu tidak memungkinkan untuk dibawa bepergian. Memang masih memungkinkan namun sebatas melintasi gang kecil, sebab ketika dibawa melaju ke jalan raya. Resiko terkena razia petugas lalu lintas semakin besar yang tentunya akan menanggung denda yang tidak kalah besarnya juga. Asalkan kewajiban pajak ini ditunaikan maka bisa melenggang dengan nyaman di jalanan manapun.

  1. Terhindar dari resiko tilang,

Setiap harinya secara acak proses razia di tengah jalan akan digelar oleh petugas kepolisian lalu lintas. Pemeriksaan pun dilakukan untuk setiap pengendara yang melintas di titik dimana razia tersebut digelar. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek status dari plat nomor dan juga STNK yang erat kaitannya dengan pajak kendaraan. Asalkan pajaknya sudah dibayar maka dijamin bebas tilang, sehingga jika belum membayar pajak silahkan fitur cek pemilik plat nomor kendaraan online untuk menunaikan kewajiban tersebut.

  1. Mencegah resiko BPKP hangus,

Pajak STNK untuk kendaraan memang wajib dibayarkan setahun sekali, dan jumlahnya dihitung dengan rumus yang sudah pasti. Usahakan tertib membayar kewajiban satu ini untuk mencegah resiko BPKP hangus. Hal ini sesuai dengan peraturan baru yakni Kapolri No. 5 tahun 2012 yang menetapkan, ketika dua tahun STNK tidak dibayar pajaknya. Maka secara otomatis BPKB kendaraan tersebut akan hangus. Hal ini menyebabkan kendaraan yang dimiliki statusnya menjadi bodong dan tidak bisa dipakai lagi berkendara di jalanan.

  1. Menikmati hasil pembangunan infrastruktur,

Pajak apapun yang diberlakukan di sebuah negara memang menjadi pemasukan dari negara tersebut. Hanya saja nantinya akan dipakai untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat di negara itu sendiri. demikian halnya dengan pajak kendaraan yang nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan publik. Salah satunya untuk pembangunan infrastruktur, sehingga rutin membayar pajak sesuai ketentuan membantu memperbaiki kualitas jalan maupun infrastruktur lainnya.

Baca Juga :  Ulasan 3 Motor Honda Terbaru yang Paling Mencuri Perhatian

Kompleksnya manfaat pembayaran pajak kendaraan tentu meningkatkan kesadaran siapa saja untuk disiplin menunaikannya sesuai ketentuan. Besarnya pajak sebenarnya tidak terlalu berat karena perhitungannya sudah memakai rumus yang dipastikan mudah dijangkau para pemilik kendaraan. Inilah alasan untuk menimbang masak-masak sebelum membeli kendaraan baru, karena tidak hanya untuk bergaya saja di jalanan. Akan tetapi ada kewajiban yang menyertainya dan melibatkan kemampuan finansial.

Auto